Jumat, 20 April 2012

DAFTAR DAERAH TERTINGGAL DI INDONESIA


Indonesia memiliki 199 kabupaten yang dikategorikan tertinggal. Kriteria daerah tertinggal itu antara lain adalah skala perekonomian masyarakat yang rendah,  kualitas sumber daya manusia yang rendah,  infrasturtur yang kurang memadai, kemampuan keuangan daerah untuk pembangunan di bawah Rp 140 miliar, dan aksesibilitas dan karakteristik daerah yang kurang mendukung.

Pada awal Desember 2008 Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) HM Lukman Edy menyatakan sebanyak 28 kabupaten dari 199 kabupaten tertinggal berpotensi menjadi kabupaten maju. "Dari evaluasi sementara yang dilakukan Kementerian PDT bersama Bappenas ada 28 kabupaten yang sudah dapat keluar dari kategori tertinggal," kata Lukman Edy saat membuka Rapat Sinkronisasi Pelaksanaan Rencana Aksi Nasional (RAN) dan Rencana Aksi Daerah (RAD) Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Tahun 2008 di Denpasar, Senin (3/12).

Evaluasi tersebut dilakukan dengan menggunakan indikator yang sama ketika Kementerian PDT menetapkan 199 kabupaten sebagai daerah tertinggal. Ke-28 kabupaten itu adalah Madiun, Kuantan Singingi, Dharmasraya, Tana Toraja, Takalar, Gunung Mas, Aceh Tengah, Situbondo, Pamekasan, Jayapura, Bangkalan, Kutai Barat, Pidie, Natuna. Selanjutnya Pinrang, Bireun, Bondowoso, Sambas, Kupang, Aceh Utara, Malinau, Barito Kuala, Nunukan, Aceh Besar, Wonogiri, Karangasem, Belitung, dan Lahat.









































































Tidak ada komentar:

Poskan Komentar